Bab 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan dan evaluasi dari bab-bab
sebelumnya sampai dengan pembuatan game Pong ma-ka dapat diambil kesimpulan
seperti berikut ini :
1. Sistem game Pong dapat diimplementasikan
meng-gunakan Arduino Uno, layar OLED, dan dua jo-ystick. Sistem ini adalah permainan
saling ber-usaha memasukkan bola ke area lawan menggu-nakan paddle
masing-masing player, yang diatur dengan dua joystick.
2. Sistem game Pong dapat diimplementasikan
meng-gunakan arsitektur FreeRTOS dengan lima task, yaitu draw, readJoystick,
drawCentralLine, dra-wBall, dan drawPlayer.
3.
Game Pong! ini
dapat dimainkan oleh segala usia. Berdasarkan hasil ujicoba dari beberapa user,
dapat disimpulkan bahwa game ini mudah digunakan, desaign yang sederhana dan
tidak ter-dapat error jika dijalankan.
4.
Game yang
dibuat digunakan sebagai sarana ber-main, menghibur dan membantu user sebagai
me-dia belajar bagi pemain.
4.2 Saran
Untuk lebih memahami tentang sebuah aplikasi ga-me diperlukan pemahaman
program aplikasi serta efek animasi yang baik. Game dalam aplikasi ini
diharapkan dapat lebih bervariasi lagi bentuknya agar user semakin termotivasi
dan tidak mudah bosan dalam memainkan-nya. Untuk membuat sebuah game yang baik
diperluk-an kemampuan berimajinasi dan kreatifitas yang baik, sedikit banyaknya
pembuat game harus memahami lo-gika pemograman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar